PT.
Garuda Indonesia (Persero) Tbk
1.
Jasa
yang melakukan diferensiasi yang berdasarkan produk, konsep pelayanan baru,
personalia, dan saluran pemasaran.
Garuda Indonesia (IDX:
GIAA) (PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk)
adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Garuda
Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa, Garuda Indonesia
melakukan penawaran jasa yang berkatagori jasa mayor disertai barang dan jasa
minor. Garuda Indonesia mendiferensiasikan tawaran pasarnya melalui , yaitu :
1. Produk
Persaingan
dalam dunia penerbangan kini semakin ketat. Tak heran bila Garuda Indonesia
terus melakukan terobosan demi meningkatkan jumlah penumpang. Persaingan
antarmaskapai penerbangan di Indonesia semakin ketat.Untuk menghadapi
persaingan ini, Garuda Indonesia melakukan terobosan dengan terus memperbaharui
armada yang dimilikinya.untuk itu Garuda Indonesia selalu mengutamakan
banyaknya pesawat baru yang canggih dan setiap lima tahun sekali Garuda
Indonesia melakukan ganti pesawat.
Maskapai penerbangan terbesar di
Indonesia Garuda saat ini mengoperasikan 89 pesawat yang terdiri dari 3 pesawat
jenis Boeing 747-400, 6 pesawat jenis Airbus 330-300, 5 pesawat jenis Airbus
330-200 dan 33 pesawat jenis B737 Classic (seri 300, 400, 500) dan 42 pesawat
B737-800 NG.Garuda Indonesia mempunyai 36 rute penerbangan domestik dan 26 rute
internasional hingga tahun 2010.produk jasa yang ditawarkan oleh Garuda
Indonesia terdiri dari :
Kelas
Utama
Kelas utama akan tersedia pada
pesawat B777-300ER. Akan tersedia 8 kursi kelas utama dengan konfigurasi 1-2-1.
Kabin kelas utama akan dilengkapi dengan 23" AVOD dan kursi yang dapat
disandarkan hingga 180 derajat menjadi flat-bed.
Kelas
Eksekutif
Pesawat A330 (seri -200 dan -300)
memiliki produk kelas eksekutif baru dengan Flat-Bed seats yang memiliki ruang
kaki 74" dan dapat disandarkan hingga 180 derajat. Kursi ini memiliki
sandaran tangan 11 inci,layar sentuh LCD dengan AVOD di setiap kursi, colokan
laptop pribadi, dan lampu baca pribadi.
Pesawat Boeing 747-400 dan Boeing
737 masih menggunakan kursi eksekutif lama. Boeing 747–400 memiliki ruang kaki
46"-48" dengan panjang kursi 16". Sementara di Boeing 737 ,
termasuk seri -300, -400, -500, dan seri -800 yang terbaru memiliki ruang kaki
41" to 44" dengan panjang 19". Di beberapa pesawat, tersedia TV
di setiap kursi.
Kelas
Ekonomi
Tersedia di semua pesawat. Ruang
kaki terdiri dari 30" hingga 35" tergantung jenis pesawat, dengan
panjang kursi 17". Pesawat Airbus A330-200, Airbus A330-300 aircraft dan
Boeing 737-800 yang lebih baru memiliki kursi kelas ekonomi yang lebih baru
yang menawarkan layar sentuh LCD 9-inci dengan AVOD.
2. Konsep Pelayanan Baru
Konsep
pelayanan baru Garuda Indonesia disebut "Garuda Indonesia
Experience",termasuk berbagai aspek dari kebudayaan, masakan, dan
keramahan Indonesia. Mini Nasi Tumpeng Nusantara, dan jus martebe(markisa dan
terong belanda), telah menjadi tanda masakan Garuda Indonesia yang baru. Pada
2009 yang lalu, Garuda mulai berusaha mensejajarkan diri dengan
maskapai-maskapai internasional kelas dunia seperti KLM, Air
France dan Singapore Airlines, dengan memperkenalkan sistem hiburan AVOD terbaru (Audio
Video on Demand) dengan televisi di setiap kursi, terutama dalam armada
jarak jauh. Garuda juga memperkenalkan kursi kelas bisnis yang dapat diubah
menjadi tempat tidur pada penerbangan jarak jauh.
3. Personalia
Pramugari
Garuda rata-rata sudah ‘berusia’ tetapi kesan profesional terasa dalam
memberikan layanan ke pelanggan. Garuda Indonesia lebih
menawarkan dalam hal kenyamanan penumpang, seperti pramugari yang ramah Meski
maskapai lain menggunakan wajah – wajah fresh tetapi kesan masih belajar kadang
masih tertangkap.
Seragam baru awak kabin wanita
adalah kebaya yang dimodifikasi, terinspirasi oleh batik dengan corak Parang
Gondosuli yang memiliki nilai falsafat “sinar kehidupan yang harum” serta
menampilkan kesan anggun dan elegan bagi pemakainya. Motif batiknya bernama
Lereng Indonesia. Seragam ini terdiri dari tiga warna, yaitu hijau tosca yang
bernuansa tropis dan menyegarkan; jingga yang memiliki kesan hangat, ramah
serta penuh energi; serta biru yang memancarkan kesan andal, terpercaya, abadi,
dan menenangkan.
Seragam baru awak kabin pria menunjukkan standar
busana profesional pria, berupa setelan jas single breasted abu-abu membalut
kemeja biru muda berbahan campuran katun dan poliester dengan bahan yang tak
mudah kusut. Dasi terbuat dari sutra dengan unsur grafis, motif, dan warna yang
mencerminkan identitas Garuda Indonesia.
4. Saluran
Pemasaran
Place
(Tempat atau Saluran Distribusi). Peranan saluran distribusi adalah sebagai
kegiatan pemasaran yang berusaha untuk mempermudah penyampaian barang dan jasa
dari perusahaan ke konsumen. Hal-hal yang tergolong sebagai saluran distribusi
dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Pemesanan tiket yang mudah melalui
call center, Kemudahan online booking (Web/SMS), Kemudahan menjangkau
Agen/Kantor Penjualan, Kemudahan dalam pembayaran E-ticketing.
Variabel utama diferensiasi produk menurut Kotler, dkk
(2007:385) adalah sebagai berikut:
1.
Bentuk (Form)
Dari sisi bentuk,
Garuda Indonesia mendiferensiasikan produk berdasarkan model pesawat yang
bermacam-macam dan selalu melakukan pergantian, yaitu: Sebuah Garuda Indonesia Boeing 747-200
(Bernama City of Jakarta)
bermodelkan ramping, badan pesawat berliris warna merah dan masih memakai logo
yang pertama.Pesawat garuda indonesia 737-800, hanya merubah dari sisi
ukurannya saja. Namun logo dan liris merah yang ada di badan pesawan masih sama
dengna pesawat yang pertama.Garuda Indonesia Boeing 737-800,melakukan perubahan
yang tidak hanya dari segi bentuk yang kembali menjadi ramping lagi, warna
merah berubah menjadi warna hijau toska dan biru, liris yang hanya terdapat
pada buntut saja dan logo yang berbentuk seperti burung garuda yang dilihat
dari satu sisi saja.
2. Keistimewaan.
·
Maskapai penerbangan terbesar di Indonesia Garuda saat
ini mengoperasikan 89 pesawat yang terdiri dari 3 pesawat jenis Boeing 747-400,
6 pesawat jenis Airbus 330-300, 5 pesawat jenis Airbus 330-200 dan 33 pesawat
jenis B737 Classic (seri 300, 400, 500) dan 42 pesawat B737-800 NG;
·
Garuda
mempunyai 36 rute penerbangan domestik dan 26 rute internasional hingga tahun
2010;
·
Konsep layanan yang selalu menempatkan pelanggan
sebagai fokus utama yang didasarkan keramahtamahan dan keunikan Indonesia yang
disebut dengan “Garuda Indonesia Experience” yang didasarkan pada 5
senses yaitu sight, sound, smell, taste, and touch, menyebabkan
Garuda Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan maskapai
penerbangan lain;
·
Adanya layanan “Immigration on Board” yang
merupakan inovasi Garuda dan merupakan satu-satunya di dunia, yaitu layanan
pemberian visa di atas pesawat;
·
Memiliki tim yang terdiri dari individu-individu yang
handal, profesional, kompeten, berdaya saing tinggi dan helpful serta
dilandasi atas nilai-nilai FLY-HI (eFficient & effective, Loyalty, customer
centricitY, Honesty & openness, and Integrity) disetiap insan Garuda
Indonesia;
·
Pangsa pasar Garuda Indonesia di pasar Internasional
mencapai 23.2% kendati terjadinya krisis global sehingga Garuda Indonesia tetap
menjadi pemimpin pasar untuk area Jepang-Korea-China, Timur Tengah dan South
West Pacific (Australia);
·
Memiliki teknologi informasi yang mutakhir dalam
menjalankan bisnis sehingga menempatkan Garuda Indonesia sebagai maskapai
penerbangan dengan TI tercanggih di Indonesia;
·
Garuda Indonesia banyak melakukan kegiatan CSR seperti
program kemitraan dan bina lingkungan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung
jawab kepada masyarakat;
·
Garuda Indonesia termasuk dalam kategori baik untuk
hal tata kelola perusahaan;
·
Garuda Indonesia telah memiliki brand yang kuat dan
telah diakui di pasardomestik
3.
Daya Tahan
Masa operasi pesawat terbang Garuda Indonesia hanya selama 5
tahun. Karena, Garuda Indonesia selalu melakukan perbaharuan pesawat setiap 5 tahun
sekali. Guna untuk tetap dapat memberikan pelayana yang nyaman dan aman kepada
konsumen.
4.
Keandalan.
Keandalan yang datawarkan Garuda Indonesia, Garuda Indonesia
menggunakan mesin yang canggih, teknologi yang modren dan mengutamakan
keramahan sebagai misi dari Garuda Indonesia.
5.
Tidak mudah diperbaiki.
Jika pesawat Garuda Indonesia rusak, membutuhkan waktu yang
lama untuk memperbaiki, biaya yang besar dan seseorang yang handal dalam bidang
mesin. Karena, untuk pesawat yang telah mengalami kerusakan biasanya tidak
digunakan lagi.
6.
Gaya ( Style)
Keunggulan Garuda Indonesia yang
tidak bisa ditiru oleh maskapai lainnya terdapat pada visi Garuda Indonesia
yang menggunakan keramahan untuk melayani konsumen. Dan prosedur pelayanan
Garuda Indonesia yang telah di akui oleh pihak luar. Ini terbukti dengan Penghargaan
Worlds Most Improved Airline itu merupakan pengakuan internasional terhadap
keberhasilan Garuda dalam mentransformasi perusahaan secara keseluruhan, serta
berbagai kemajuan yang dicapai Garuda sehingga menjadikan Garuda menjadi salah
satu maskapai Asia yang paling sukses dan menguntungkan.
7.
Rancangan
Desain
interior yang baru di kabin pesawat Garuda Indonesia memadukan warna-warna
alami dan motif tradisional Indonesia yang indah dipandang mata, bersama dengan
kenyamanan dan kemudahan perangkat hiburan di dalam pesawat yang modern. Semua
ini dirancang untuk memberikan pengalaman penerbangan yang tak lekang waktu
bagi para penumpang.
Garuda
Indonesia telah meresmikan seragam baru untuk awak kabin, ujung tombak dari
pelayanan menyeluruh Garuda Indonesia. Ini adalah perubahan seragam yang ke-11
kalinya, terhitung sejak Garuda Indonesia beroperasi pada tahun 1949. Ini
adalah bagian dari perubahan visual image Garuda Indonesia,
yang telah dilakukan juga pada logo, livery pesawat, dan
interior pesawat.
2.
Sumber
yang digunakan Garuda Indonesia untuk mengembangkan jasa baru
Sumber yang digunakan Garuda
Indonesia untuk mengembangkan produk berasal dari , yaitu :
Konsumen
Dengan memperhatikan potensial konsumen terutama needs dan
wants mereka maka dapat menimbulkan ide-ide usaha baik untuk produk baru
ataupun perbaikan dari produk yang sudah ada. Dari sumber yang diperoleh
dari konsumen, Garuda Indonesia membuat konsep pelayanan yang disebut
"Garuda Indonesia Experience". Yang menawarkan masakan tradisonal
Indonesia dan minuman bir untuk penumpang WNA.
Saluran
Distribusi
Pendistribusian
yang tidak merata atau tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen dapat menimbulkan
ide-ide usaha untuk menyempurnakan produk ataupun menciptakan produk baru.
Untuk itu Garuda Indonesia menyediakan layanan pemesanan tiket melalui call
center, Kemudahan online booking (Web/SMS), Kemudahan menjangkau Agen/Kantor
Penjualan, Kemudahan dalam pembayaran E-ticketing.
Riset Pasar
Periset pasar biasanya menggunakan 2
data untuk melakukan riset pasat. Data yang digunakan yaitu, data skunder dan
data primer. Data primer adalah data yang diproleh dari hasil penelitian
sendiri ke lapangan. Dan data skunder adalah data pelengkap yang didapat dari
jurnal, koran, majalah, internet, dan jasa penyedia data. Garuda Indonesia
menggunakan data skunder untuk melakukan pengembangan produknya.
3. Yang dilakukan Garuda Indonesia dalam
mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif.
Garuda Indonesia mempunyai
program promosi untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, yaitu :
·
Program Promosi
Membuat program promosi untuk
meraih keuntungan, serta menghasilkan pendapatantambahan dengan jaringan
domestik yang kuat. Berupaya terus meningkatkan pasar domestik dan
internasional bagi usahawan, perorangan, wisatawan dan kargo, termasuk
penerbangan borongan / charter. Dalam melakukan promosi, Garuda Indonesia
menggunakan media ATL (above the line) dan BTL (below the line). ATL
adalah promosi melalui “media lini atas” seperti iklan di televisi, radio,
koran dan majalah. Sedangkan BTL adalah promosi melalui “media lini bawah”
seperti spanduk, poster, baliho.
4.
Saluran pemasaran yang digunakan Garuda
Indonesia dalam memasarkan produk/jasa dan fungsi dari masing-masing saluran.
Garuda Indonesia menggunakan saluran
distribusi direct selling. Yang dimana konsumen yang mendatangi penyedia jasa
dan Garuda Indonesia juga menggunakan prantara dalam mendistribusikan jasanya.
Saluran distribusinya, yaitu:
1. Penyedia jasa è
konsumen
2. Penyedia jasa è
agenè konsumen
Yang
dimana fungsi dari masing-masing saluran adalah sebagai berikut:
·
Penyedia
jasa, berfungsi memberikan service kepada konsumen. Garuda Indonesia memberikan
layanan dan produk kepada konsumen. Karena Garuda Indonesia termasuk
karakteriskik jasa mayor disertai jasa dan barang minor.
·
Agen
, berfungsi sebagai prantara dalam memberikan service kepada konsumen. Garuda
Indonesia menggunakan agen dalam hal penjualan tiket pesawat.
^.^ Semoga Bermanfaat ^.^
makasih ya bermanfaat banget ;)
BalasHapusSahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya
BalasHapusWebsite paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 10 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
- Adu Q
- Bandar Q
- Bandar Sakong
- Bandar Poker
- Poker
- Domino 99
- Capsa Susun
- Bandar66
- Perang Baccarat
- Perang Dadu
Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
* Minimal Deposit : 20.000
* Minimal Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
* Poker Online Terpercaya
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL
Link Alternatif :
- murniaduq.net
- murniaduq.org
Contact Us
WA1 : +855889110527
WA2 : +855887159498
Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop