Sabtu, 25 Juli 2015

Diferensiasi Produk PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk



PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk
1.           Jasa yang melakukan diferensiasi yang berdasarkan produk, konsep pelayanan baru, personalia, dan saluran pemasaran.
                    Garuda Indonesia (IDX: GIAA) (PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk) adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Garuda Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa, Garuda Indonesia melakukan penawaran jasa yang berkatagori jasa mayor disertai barang dan jasa minor. Garuda Indonesia mendiferensiasikan tawaran pasarnya melalui , yaitu :
1.      Produk
       Persaingan dalam dunia penerbangan kini semakin ketat. Tak heran bila Garuda Indonesia terus melakukan terobosan demi meningkatkan jumlah penumpang. Persaingan antarmaskapai penerbangan di Indonesia semakin ketat.Untuk menghadapi persaingan ini, Garuda Indonesia melakukan terobosan dengan terus memperbaharui armada yang dimilikinya.untuk itu Garuda Indonesia selalu mengutamakan banyaknya pesawat baru yang canggih dan setiap lima tahun sekali Garuda Indonesia melakukan ganti pesawat.
 Maskapai penerbangan terbesar di Indonesia Garuda saat ini mengoperasikan 89 pesawat yang terdiri dari 3 pesawat jenis Boeing 747-400, 6 pesawat jenis Airbus 330-300, 5 pesawat jenis Airbus 330-200 dan 33 pesawat jenis B737 Classic (seri 300, 400, 500) dan 42 pesawat B737-800 NG.Garuda Indonesia mempunyai 36 rute penerbangan domestik dan 26 rute internasional hingga tahun 2010.produk jasa yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia terdiri dari :
Kelas Utama
Kelas utama akan tersedia pada pesawat B777-300ER. Akan tersedia 8 kursi kelas utama dengan konfigurasi 1-2-1. Kabin kelas utama akan dilengkapi dengan 23" AVOD dan kursi yang dapat disandarkan hingga 180 derajat menjadi flat-bed.
Kelas Eksekutif
Pesawat A330 (seri -200 dan -300) memiliki produk kelas eksekutif baru dengan Flat-Bed seats yang memiliki ruang kaki 74" dan dapat disandarkan hingga 180 derajat. Kursi ini memiliki sandaran tangan 11 inci,layar sentuh LCD dengan AVOD di setiap kursi, colokan laptop pribadi, dan lampu baca pribadi.
Pesawat Boeing 747-400 dan Boeing 737 masih menggunakan kursi eksekutif lama. Boeing 747–400 memiliki ruang kaki 46"-48" dengan panjang kursi 16". Sementara di Boeing 737 , termasuk seri -300, -400, -500, dan seri -800 yang terbaru memiliki ruang kaki 41" to 44" dengan panjang 19". Di beberapa pesawat, tersedia TV di setiap kursi.
Kelas Ekonomi
Tersedia di semua pesawat. Ruang kaki terdiri dari 30" hingga 35" tergantung jenis pesawat, dengan panjang kursi 17". Pesawat Airbus A330-200, Airbus A330-300 aircraft dan Boeing 737-800 yang lebih baru memiliki kursi kelas ekonomi yang lebih baru yang menawarkan layar sentuh LCD 9-inci dengan AVOD.
2.      Konsep Pelayanan Baru
        Konsep pelayanan baru Garuda Indonesia disebut "Garuda Indonesia Experience",termasuk berbagai aspek dari kebudayaan, masakan, dan keramahan Indonesia. Mini Nasi Tumpeng Nusantara, dan jus martebe(markisa dan terong belanda), telah menjadi tanda masakan Garuda Indonesia yang baru. Pada 2009 yang lalu, Garuda mulai berusaha mensejajarkan diri dengan maskapai-maskapai internasional kelas dunia seperti KLM, Air France dan Singapore Airlines, dengan memperkenalkan sistem hiburan AVOD terbaru (Audio Video on Demand) dengan televisi di setiap kursi, terutama dalam armada jarak jauh. Garuda juga memperkenalkan kursi kelas bisnis yang dapat diubah menjadi tempat tidur pada penerbangan jarak jauh.
3.      Personalia
             Pramugari Garuda rata-rata sudah ‘berusia’ tetapi kesan profesional terasa dalam memberikan layanan ke pelanggan. Garuda Indonesia lebih menawarkan dalam hal kenyamanan penumpang, seperti pramugari yang ramah Meski maskapai lain menggunakan wajah – wajah fresh tetapi kesan masih belajar kadang masih tertangkap.
             Seragam baru awak kabin wanita adalah kebaya yang dimodifikasi, terinspirasi oleh batik dengan corak Parang Gondosuli yang memiliki nilai falsafat “sinar kehidupan yang harum” serta menampilkan kesan anggun dan elegan bagi pemakainya. Motif batiknya bernama Lereng Indonesia. Seragam ini terdiri dari tiga warna, yaitu hijau tosca yang bernuansa tropis dan menyegarkan; jingga yang memiliki kesan hangat, ramah serta penuh energi; serta biru yang memancarkan kesan andal, terpercaya, abadi, dan menenangkan.
             Seragam baru awak kabin pria menunjukkan standar busana profesional pria, berupa setelan jas single breasted abu-abu membalut kemeja biru muda berbahan campuran katun dan poliester dengan bahan yang tak mudah kusut. Dasi terbuat dari sutra dengan unsur grafis, motif, dan warna yang mencerminkan identitas Garuda Indonesia.

4.      Saluran Pemasaran
Place (Tempat atau Saluran Distribusi). Peranan saluran distribusi adalah sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha untuk mempermudah penyampaian barang dan jasa dari perusahaan ke konsumen. Hal-hal yang tergolong sebagai saluran distribusi dalam bisnis jasa penerbangan antara-lain : Pemesanan tiket yang mudah melalui call center, Kemudahan online booking (Web/SMS), Kemudahan menjangkau Agen/Kantor Penjualan, Kemudahan dalam pembayaran E-ticketing.

Variabel utama diferensiasi produk menurut Kotler, dkk (2007:385) adalah sebagai berikut:
1.      Bentuk (Form)
Dari sisi bentuk, Garuda Indonesia mendiferensiasikan produk berdasarkan model pesawat yang bermacam-macam dan selalu melakukan pergantian, yaitu: Sebuah Garuda Indonesia Boeing 747-200 (Bernama City of Jakarta) bermodelkan ramping, badan pesawat berliris warna merah dan masih memakai logo yang pertama.Pesawat garuda indonesia 737-800, hanya merubah dari sisi ukurannya saja. Namun logo dan liris merah yang ada di badan pesawan masih sama dengna pesawat yang pertama.Garuda Indonesia Boeing 737-800,melakukan perubahan yang tidak hanya dari segi bentuk yang kembali menjadi ramping lagi, warna merah berubah menjadi warna hijau toska dan biru, liris yang hanya terdapat pada buntut saja dan logo yang berbentuk seperti burung garuda yang dilihat dari satu sisi saja.
2.      Keistimewaan.
·         Maskapai penerbangan terbesar di Indonesia Garuda saat ini mengoperasikan 89 pesawat yang terdiri dari 3 pesawat jenis Boeing 747-400, 6 pesawat jenis Airbus 330-300, 5 pesawat jenis Airbus 330-200 dan 33 pesawat jenis B737 Classic (seri 300, 400, 500) dan 42 pesawat B737-800 NG;
·          Garuda mempunyai 36 rute penerbangan domestik dan 26 rute internasional hingga tahun 2010;
·         Konsep layanan yang selalu menempatkan pelanggan sebagai fokus utama yang didasarkan keramahtamahan dan keunikan Indonesia yang disebut dengan “Garuda Indonesia Experience” yang didasarkan pada 5 senses yaitu sight, sound, smell, taste, and touch, menyebabkan Garuda Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan maskapai penerbangan lain;
·         Adanya layanan “Immigration on Board” yang merupakan inovasi Garuda dan merupakan satu-satunya di dunia, yaitu layanan pemberian visa di atas pesawat;
·         Memiliki tim yang terdiri dari individu-individu yang handal, profesional, kompeten, berdaya saing tinggi dan helpful serta dilandasi atas nilai-nilai FLY-HI (eFficient & effective, Loyalty, customer centricitY, Honesty & openness, and Integrity) disetiap insan Garuda Indonesia;
·         Pangsa pasar Garuda Indonesia di pasar Internasional mencapai 23.2% kendati terjadinya krisis global sehingga Garuda Indonesia tetap menjadi pemimpin pasar untuk area Jepang-Korea-China, Timur Tengah dan South West Pacific (Australia);
·         Memiliki teknologi informasi yang mutakhir dalam menjalankan bisnis sehingga menempatkan Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan dengan TI tercanggih di Indonesia;
·         Garuda Indonesia banyak melakukan kegiatan CSR seperti program kemitraan dan bina lingkungan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat;
·         Garuda Indonesia termasuk dalam kategori baik untuk hal tata kelola perusahaan;
·         Garuda Indonesia telah memiliki brand yang kuat dan telah diakui di pasardomestik
3.      Daya Tahan
Masa operasi pesawat terbang Garuda Indonesia hanya selama 5 tahun. Karena, Garuda Indonesia selalu melakukan perbaharuan pesawat setiap 5 tahun sekali. Guna untuk tetap dapat memberikan pelayana yang nyaman dan aman kepada konsumen.
4.      Keandalan.
Keandalan yang datawarkan Garuda Indonesia, Garuda Indonesia menggunakan mesin yang canggih, teknologi yang modren dan mengutamakan keramahan sebagai misi dari Garuda Indonesia.
5.      Tidak mudah diperbaiki.
Jika pesawat Garuda Indonesia rusak, membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaiki, biaya yang besar dan seseorang yang handal dalam bidang mesin. Karena, untuk pesawat yang telah mengalami kerusakan biasanya tidak digunakan lagi.




6.      Gaya ( Style)
Keunggulan Garuda Indonesia yang tidak bisa ditiru oleh maskapai lainnya terdapat pada visi Garuda Indonesia yang menggunakan keramahan untuk melayani konsumen. Dan prosedur pelayanan Garuda Indonesia yang telah di akui oleh pihak luar. Ini terbukti dengan Penghargaan Worlds Most Improved Airline itu merupakan pengakuan internasional terhadap keberhasilan Garuda dalam mentransformasi perusahaan secara keseluruhan, serta berbagai kemajuan yang dicapai Garuda sehingga menjadikan Garuda menjadi salah satu maskapai Asia yang paling sukses dan menguntungkan.
7.      Rancangan
Desain interior yang baru di kabin pesawat Garuda Indonesia memadukan warna-warna alami dan motif tradisional Indonesia yang indah dipandang mata, bersama dengan kenyamanan dan kemudahan perangkat hiburan di dalam pesawat yang modern. Semua ini dirancang untuk memberikan pengalaman penerbangan yang tak lekang waktu bagi para penumpang.
Garuda Indonesia telah meresmikan seragam baru untuk awak kabin, ujung tombak dari pelayanan menyeluruh Garuda Indonesia. Ini adalah perubahan seragam yang ke-11 kalinya, terhitung sejak Garuda Indonesia beroperasi pada tahun 1949. Ini adalah bagian dari perubahan visual image Garuda Indonesia, yang telah dilakukan juga pada logo, livery pesawat, dan interior pesawat.

2.           Sumber yang digunakan Garuda Indonesia untuk mengembangkan jasa baru
            Sumber yang digunakan Garuda Indonesia untuk mengembangkan produk berasal dari , yaitu :
Konsumen 
Dengan memperhatikan potensial konsumen terutama needs dan wants mereka maka dapat menimbulkan ide-ide usaha baik untuk produk baru ataupun perbaikan dari produk yang sudah ada. Dari sumber yang diperoleh dari konsumen, Garuda Indonesia membuat konsep pelayanan yang disebut "Garuda Indonesia Experience". Yang menawarkan masakan tradisonal Indonesia dan minuman bir untuk penumpang WNA.



Saluran Distribusi 
Pendistribusian yang tidak merata atau tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen dapat menimbulkan ide-ide usaha untuk menyempurnakan produk ataupun menciptakan produk baru. Untuk itu Garuda Indonesia menyediakan layanan pemesanan tiket melalui call center, Kemudahan online booking (Web/SMS), Kemudahan menjangkau Agen/Kantor Penjualan, Kemudahan dalam pembayaran E-ticketing.
Riset Pasar
Periset pasar biasanya menggunakan 2 data untuk melakukan riset pasat. Data yang digunakan yaitu, data skunder dan data primer. Data primer adalah data yang diproleh dari hasil penelitian sendiri ke lapangan. Dan data skunder adalah data pelengkap yang didapat dari jurnal, koran, majalah, internet, dan jasa penyedia data. Garuda Indonesia menggunakan data skunder untuk melakukan pengembangan produknya.

3.       Yang dilakukan Garuda Indonesia dalam mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif.
                    Garuda Indonesia mempunyai program promosi untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, yaitu :
·         Program Promosi
        Membuat  program promosi untuk meraih  keuntungan,  serta menghasilkan pendapatantambahan dengan jaringan domestik yang kuat. Berupaya   terus meningkatkan pasar domestik dan internasional bagi usahawan, perorangan, wisatawan dan kargo,  termasuk penerbangan borongan / charter. Dalam melakukan promosi, Garuda Indonesia menggunakan media ATL (above the line) dan BTL (below the line).  ATL adalah promosi melalui “media lini atas” seperti iklan di televisi, radio, koran dan majalah. Sedangkan BTL adalah promosi melalui “media lini bawah” seperti spanduk, poster, baliho.
4.             Saluran pemasaran yang digunakan Garuda Indonesia dalam memasarkan produk/jasa dan fungsi dari masing-masing saluran.
Garuda Indonesia menggunakan saluran distribusi direct selling. Yang dimana konsumen yang mendatangi penyedia jasa dan Garuda Indonesia juga menggunakan prantara dalam mendistribusikan jasanya. Saluran distribusinya, yaitu:
1.      Penyedia jasa è konsumen
2.      Penyedia jasa è agenè konsumen

Yang dimana fungsi dari masing-masing saluran adalah sebagai berikut:
·         Penyedia jasa, berfungsi memberikan service kepada konsumen. Garuda Indonesia memberikan layanan dan produk kepada konsumen. Karena Garuda Indonesia termasuk karakteriskik jasa mayor disertai jasa dan barang minor.
·         Agen , berfungsi sebagai prantara dalam memberikan service kepada konsumen. Garuda Indonesia menggunakan agen dalam hal penjualan tiket pesawat.


^.^ Semoga Bermanfaat ^.^



2 komentar:

  1. makasih ya bermanfaat banget ;)

    BalasHapus
  2. SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 10 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - Bandar66
    - Perang Baccarat
    - Perang Dadu

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL
    Link Alternatif :
    - murniaduq.net
    - murniaduq.org

    Contact Us
    WA1 : +855889110527
    WA2 : +855887159498

    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    BalasHapus

Popular Posts