Saluran
komunikasi yang cocok diterapkan oleh PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi, sebagai
berikut :
1.
Advertising
Advertising merupakan saluran komunikasi yang paling efektif
digunakan untuk memperkenalkan produk (jasa), sebab memiliki
keunggulan cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan iklan untuk diingat
dalam waktu singkat. Bentuk iklan yang biasa digunakan antara lain iklan
cetak,elektronik, film, brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya. Untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan oleh PT. Bfi PT.BFI
Finance Tbk, cabang Jambi kepada konsumen. PT. Bfi PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi menggunakan iklan cetak, elektronik, brosur, dan poster.
-
Advertising
pada media elektronik dan media cetak
Advertising pada media elektronik dapat tersebar luas ke seluruh
masarakat, memiliki ekspresi yang lebih kuat dari pada saluran komunikasi yang
lainnya, advertising juga tidak bersifat pribadi/ nonpersonal, dan presentasinya juga bersifat umum.
Meskipun advertising pada media elektronik membutuhkan biaya yang besar.
Tetapi, biaya yang yang dikeluarkan akan memberikan keuntungan lebih besar dan
dapat menarik konsumen yang lebih banyak lagi. Untuk advertising pada media elektronik,
PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi tidak mesti menghadirkan Brand Ambasador. Cukup dengan kata-kata yang mengandung maksud dan tujuan
dari PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Advertising ini akan di
tayangkan dibeberapa stasiun TV swasta Indonesia, seperti RCTI, SCTV, MNC,
TRANS TV, TRANS 7, TV ONE, GLOBAL TV, dan lain-lain. Dan advertising ini akan ditayangkan setiap
hari di stasiun TV pada jam 09.00-22.00. Media cetak yang digunakan untuk
mempromosikan PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi di daerah Jambi
menggunakan koran Jambi Ekpres, Jambi independen, dan Metro Jambi.
-
Brosur dan Poster
Brosur merupakan selebaran cetak yang mempunyai desain yang menarik dan
berisi informasi yang singkat kepada
pembaca. Informasi tersebut berisi tentang tentang info pinjaman, persyaratan
pinjaman, tabel angsung dan no telepon yang bisa dihubungi oleh konsumen yang
tertarik terhadap pembiayaan yang ditawarkan oleh PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi. Brosur akan disebar dibeberapa tempat yang ramai di Jambi seperti di
Angso Duo, Telanai Pura, Kota Baru, Gebenuran, Jamtos, WTC, Ramayan dan
lain-lain.
Dan poster dengna desain yang menarik dan menyaimpaikan pesan yang langsung
ke intinya. Poster yang berisi tentang syarat pinjaman dan info pinjaman PT.BFI
PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi akan di tempel di tempat-tempat umum seperti
di halte bus, mading umum dan lain-lain.
2.
Personal
Selling
Pesonal selling (penjualan personal)
merupakan pemasaran produk atau jasa dimana penjual bertemu langsung dengan pembeli
untuk menjajaki prospek/peluang pembelian. Personal selling merupakan ujung
tombak keberhasilan suatu usaha. Kegiatan promosi PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi yang
menggunakan personal selling diharapkan dapat melakukan promosi secara langsung
(face to face) kepada konsumen yang berada diplosok-plosok desa dimana kantor
cabang PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi yang menjadi
target promosi PT.BFI PT.BFI
Finance Tbk, cabang Jambi. Personal selling tersebut akan dibekali dengan
alat-alat, spanduk, brosur, standing dan atribut PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi. Personal selling juga akan di bekali pengetahuan tentang produk-produk
yang ditawarkan PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi kepada konsumen. Agar
tidak terjadi kesalah pahaman informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan PT.BFI
PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Bagi personal selling yang sukses menarik
banyak konsumen untuk menggunakan jasa mereka akan mendapatkan bonus pada
setiap aplikasi yang telah disetujui oleh PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi.
Ada pun beberapa fungsi dari peronal
selling (penjualan personal) yaitu :
1. Mencari
prospek (prospecting) yaitu mencari pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka.
Yang menjadi prospek dari BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi adalah para
pengguna kendaraan beroda dua maupun empat, pengusaha, dan masyarakat yang membutuhkan uang.
2. Menetapkan
sasaran (targetting) yaitu mengalokasikan kelangkaan waktu penjual demi
pembeli.Yang menjadi sasaran utama dari BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi
adalah pengusaha ,pengguna kendaraan roda dua maupun empat dan masyarakat yang
membutuhkan uang.
3. Mengkomunikasikan
(communicating) yaitu memberi informasi mengenai produk perusahaaan kepada
pelanggan. Menggunakan bauran promosi personal selling untuk dapat mengsosialisasi
kepada konsumen secara personal mengenai informasi produk-produk yang
ditawarkan oleh PT.BFI PT.BFI
Finance Tbk, cabang Jambi.
4. Menjual
(selling) yaitu mendekati,mempresentasekan dan mendemonstrasikan,mengatasi penolakan,serta
menjual produk kepada pelanggan.
Membekali
personal selling pengetahuan tentang perhitungan angsuran dan paket-paket
terbaru dari PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi . agar untuk mempermudah personal selling untuk menjual produk-produk dari
PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi.
5. Melayani
(servicing) yaitu memberikan berbagai jasa dan pelayanan kepada pelanggan. BFI PT.BFI
Finance Tbk, cabang Jambi menawarkan produk jasa pembiayaan konsumen dan sewa
pembiayaan dengan berbagai jaminan seperti BPKB mobil atau motor dan surat
berharga lainnya untuk melakukan peminjaman uang. Dan BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi menjamin surat surat beharga yang menjadi jaminan akan aman.
6. Mengalokasikan
(allocating) yaitu menentukan pelanggan yang akan dituju. Personal selling akan
disebar ke berbagai daerah tempat berada kantor cabang PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Agar setiap daerah dapat
dijangkau oleh PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi dengan menggunakan personal
selling.
3.
Sales Promotion
Sales
promotion adalah bentuk perseasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif
yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau
meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan. Beberapa keuntungan yang
ditawarkan oleh BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi KPM diantaranya ialah :
suku bunga yang ditawarkan flat sebesar 10,8%
dengan tenor pembayaran cicilan selama 3 tahun. Flatnya suku bunga secara
ekonomi memberikan keuntungan bagi Anda, dimana tingkat inflasi dan konsumsi
Anda sudah barang tentu akan bersifat fluktuatif. Sehingga dengan suku bunga
flat akan memberikan kepastian dalam 3 tahun dari segi cicilan yang Anda
inginkan.
Keuntungan
lainnya yaitu dari segi kemudahan pembayaran cicilan. Terdapat dua pilihan cara
pembayaran angsuran/cicilan kredit yang dilakukan oleh kreditur. Untuk cara
tunai, BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi menawarkan fasilitas via outlet
maupun via mini market. Untuk hal tersebut, BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi telah melakukan kerjasama dengan mini market ternama seperti Alfamart,
Alfamidi, Alfa Express dan Lawson. Pembayaran tunai juga dapat melalui
bank-bank ternama seperti Bank Mandiri dan Permata Bank, dan bahkan bisa
melalui kantor Pos Indonesia. Lalu bagaimana dengan via online, kreditur dapat
membayar melakui via ATM Mandiri, BCA, Permata Bank dan jaringan ATM Bersama.
Sedangkan untuk internet banking dapat melalui Mandiri Internet, Klik BCA dan
Permata Bank Internet Banking.
Bagi
Anda yang mendaftar sekarang, tersedia promo menarik bagi Anda. BFI PT.BFI
Finance Tbk, cabang Jambi siap memberikan fasilitas cashback sebesar Rp 250.000
- Rp 500.000 dari kontrak yang ditawarkan (syarat dan ketentuan berlaku). Promo
tersebut merupakan bentuk pelayanan untuk para kreditur dalam memperingati hari
jadi BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi yang ke 32 tahun bulan ini.
Dan
untuk meriahkan Idul Fitri, PT. PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi Tbk, cabang
Jambi memberikan promo “BBM (Bonus Buat Mudik) Ekstra, mulai dari Rp.250.000 –
Rp.500.000 dengan melakukan pembiayaan melalui BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi, berlaku hingga 31 Agustus 2014”, “semarak ULTA BFI, BFI PT.BFI Finance
Tbk, cabang Jambi memberikan hadiah langsungseperti, sepeda motor, helm dan
lain-lain kepada pelanggan” dan “Klasik, Umur bukan masalah! Hingga usia 17
tahun*, tetap kami biayai”
4. Direct marketing
Direct marketing adalah langsung berarti bahwa komunikasi pemasaran
ditargetkan langsung kepada konsumen oleh perusahaan. PT. BFI PT.BFI Finance
Tbk, cabang Jambi Tbk, cabang Jambi melaksanakan pemasaran langsung dengan
melaksanakan pembayaran surat penawaran secara langsung kepada konsumen dengan
cara kerjasama dengan alfamart, alfamidi, lawsan, dan*dan, indomaret, pos
indonesia, mandiri dan bank lain-lain. PT. BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi
juga menyediakan Call Center di Jakarta untuk konsumen yang memiliki masalah
terhadap pinjamannya dan keluhan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pelayan
dari BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi setiap cabang yang ada di seluruh
daerah.
5. Event
PT.BFI
PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi mengadakan beberapa even, seperti berikut ini
:
·
Bola mania
2014, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :
-
Undian berlangsung selama periode tanggal 5 Juni 2014
- 10 Juli 2014.
-
Peserta adalah Konsumen PT BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang
Jambi Indonesia Tbk yang melakukan pembiayaan pada periode tanggal 5 Juni 2014
- 10 Juli 2014.
-
Peserta wajib mengisi form registrasi dibawah.
-
Peserta WAJIB mengisi jawaban atas pertanyaan 'Siapa
tim favorit Anda yang akan menjadi Juara pada Kejuaraan Dunia Sepakbola 2014?'
pada kolom 'Tim Favorit'
-
Satu Nomor Kontrak berlaku untuk 1 (satu) jawaban Nama
Tim Favorit yang akan menajdi Juara Dunia Sepakbola 2014.
-
Pemenang Undian adalah Peserta yang memiliki jawaban
yang tepat dan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
-
Pajak hadiah ditanggung oleh Pemenang.
-
Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
·
Kompetisi Desain Cover
Facebook Let's Grow Dengan Nuansa #HariPahlawan, dengan syarat dan ketentuan
sebagai berikut :
-
Kuis berlangsung selama periode tanggal 1 November 2013
- 10 November 2013
-
Seluruh peserta wajib 'Like' facebook fans page Let's
Grow / follow twitter @LetsGrowBFI
-
Tema foto : Hari Pahlawan
-
Tidak mengandung unsur sara dan pornografi
-
File orisinil (bukan merupakan hasil olah digital) dan
belum pernah dipublikasikan secara umum maupun untuk kepentingan komersial
-
Peserta wajib mengisi form registrasi dibawah dan
meng-upload desain beserta dengan judul dan tema desain
-
Setiap karya yang dilombakan menjadi hak cipta PT BFI PT.BFI
Finance Tbk, cabang Jambi Indonesia Tbk. sepenuhnya.
-
Pemenang dipilih berdasarkan vote yang akan diadakan
panitia setelah lomba ditutup
6. Publicity
Publicity
adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat
memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar