Sabtu, 25 Juli 2015

KOMUNIKASI PEMASARAN PT.BFI PT.BFI FINANCE TBK, CABANG JAMBI



Saluran komunikasi yang cocok diterapkan oleh PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi, sebagai berikut :
1.      Advertising
Advertising merupakan saluran komunikasi yang paling efektif digunakan untuk memperkenalkan produk (jasa), sebab memiliki keunggulan cepat dalam menyebarkan informasi dan kemampuan iklan untuk diingat dalam waktu singkat. Bentuk iklan yang biasa digunakan antara lain iklan cetak,elektronik, film, brosur, poster, selebaran, billboard dan sebagainya. Untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan oleh PT. Bfi PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi kepada konsumen. PT. Bfi PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi menggunakan iklan cetak, elektronik, brosur, dan poster.  
-          Advertising pada media elektronik dan media cetak
Advertising pada media elektronik dapat tersebar luas ke seluruh masarakat, memiliki ekspresi yang lebih kuat dari pada saluran komunikasi yang lainnya, advertising juga tidak bersifat pribadi/ nonpersonal,  dan presentasinya juga bersifat umum. Meskipun advertising pada media elektronik membutuhkan biaya yang besar. Tetapi, biaya yang yang dikeluarkan akan memberikan keuntungan lebih besar dan dapat menarik konsumen yang lebih banyak lagi.  Untuk advertising pada media elektronik, PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi tidak mesti menghadirkan Brand Ambasador. Cukup dengan kata-kata yang mengandung maksud dan tujuan dari PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Advertising ini akan di tayangkan dibeberapa stasiun TV swasta Indonesia, seperti RCTI, SCTV, MNC, TRANS TV, TRANS 7, TV ONE, GLOBAL TV, dan lain-lain.  Dan advertising ini akan ditayangkan setiap hari di stasiun TV pada jam 09.00-22.00. Media cetak yang digunakan untuk mempromosikan PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi di daerah Jambi menggunakan koran Jambi Ekpres, Jambi independen, dan Metro Jambi.
-          Brosur  dan Poster
Brosur merupakan selebaran cetak yang mempunyai desain yang menarik dan berisi informasi  yang singkat kepada pembaca. Informasi tersebut berisi tentang tentang info pinjaman, persyaratan pinjaman, tabel angsung dan no telepon yang bisa dihubungi oleh konsumen yang tertarik terhadap pembiayaan yang ditawarkan oleh PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Brosur akan disebar dibeberapa tempat yang ramai di Jambi seperti di Angso Duo, Telanai Pura, Kota Baru, Gebenuran, Jamtos, WTC, Ramayan dan lain-lain.
Dan poster dengna desain yang menarik dan menyaimpaikan pesan yang langsung ke intinya. Poster yang berisi tentang syarat pinjaman dan info pinjaman  PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi akan di tempel di tempat-tempat umum seperti di halte bus, mading umum dan lain-lain.


2.      Personal Selling
Pesonal selling (penjualan personal) merupakan pemasaran produk atau jasa dimana penjual bertemu langsung dengan pembeli untuk menjajaki prospek/peluang pembelian. Personal selling merupakan ujung tombak keberhasilan suatu usaha. Kegiatan promosi PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi yang menggunakan personal selling diharapkan dapat melakukan promosi secara langsung (face to face) kepada konsumen yang berada diplosok-plosok desa dimana kantor cabang PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi yang menjadi target promosi PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Personal selling tersebut akan dibekali dengan alat-alat, spanduk, brosur, standing dan atribut PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Personal selling juga akan di bekali pengetahuan tentang produk-produk yang ditawarkan PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi kepada konsumen. Agar tidak terjadi kesalah pahaman informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Bagi personal selling yang sukses menarik banyak konsumen untuk menggunakan jasa mereka akan mendapatkan bonus pada setiap aplikasi yang telah disetujui oleh PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi.
Ada pun beberapa fungsi dari peronal selling (penjualan personal) yaitu :
1.      Mencari prospek (prospecting) yaitu mencari pembeli dan menjalin hubungan dengan mereka. Yang menjadi prospek dari BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi adalah para pengguna kendaraan beroda dua maupun empat, pengusaha,  dan masyarakat yang membutuhkan uang.
2.      Menetapkan sasaran (targetting) yaitu mengalokasikan kelangkaan waktu penjual demi pembeli.Yang menjadi sasaran utama dari BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi adalah pengusaha ,pengguna kendaraan roda dua maupun empat dan masyarakat yang membutuhkan uang.
3.      Mengkomunikasikan (communicating) yaitu memberi informasi mengenai produk perusahaaan kepada pelanggan. Menggunakan bauran promosi personal selling untuk dapat mengsosialisasi kepada konsumen secara personal mengenai informasi produk-produk yang ditawarkan oleh PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi.
4.      Menjual (selling) yaitu mendekati,mempresentasekan dan mendemonstrasikan,mengatasi penolakan,serta menjual produk kepada pelanggan.
Membekali personal selling pengetahuan tentang perhitungan angsuran dan paket-paket terbaru dari PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi . agar untuk mempermudah personal selling untuk menjual produk-produk dari PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi.
5.      Melayani (servicing) yaitu memberikan berbagai jasa dan pelayanan kepada pelanggan. BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi menawarkan produk jasa pembiayaan konsumen dan sewa pembiayaan dengan berbagai jaminan seperti BPKB mobil atau motor dan surat berharga lainnya untuk melakukan peminjaman uang. Dan BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi menjamin surat surat beharga yang menjadi jaminan akan aman.
6.      Mengalokasikan (allocating) yaitu menentukan pelanggan yang akan dituju. Personal selling akan disebar ke berbagai daerah tempat berada kantor cabang PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Agar setiap daerah dapat dijangkau oleh PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi dengan menggunakan personal selling.

3.      Sales Promotion
Sales promotion adalah bentuk perseasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan. Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi KPM diantaranya ialah : suku bunga yang ditawarkan flat sebesar 10,8% dengan tenor pembayaran cicilan selama 3 tahun. Flatnya suku bunga secara ekonomi memberikan keuntungan bagi Anda, dimana tingkat inflasi dan konsumsi Anda sudah barang tentu akan bersifat fluktuatif. Sehingga dengan suku bunga flat akan memberikan kepastian dalam 3 tahun dari segi cicilan yang Anda inginkan.
Keuntungan lainnya yaitu dari segi kemudahan pembayaran cicilan. Terdapat dua pilihan cara pembayaran angsuran/cicilan kredit yang dilakukan oleh kreditur. Untuk cara tunai, BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi menawarkan fasilitas via outlet maupun via mini market. Untuk hal tersebut, BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi telah melakukan kerjasama dengan mini market ternama seperti Alfamart, Alfamidi, Alfa Express dan Lawson. Pembayaran tunai juga dapat melalui bank-bank ternama seperti Bank Mandiri dan Permata Bank, dan bahkan bisa melalui kantor Pos Indonesia. Lalu bagaimana dengan via online, kreditur dapat membayar melakui via ATM Mandiri, BCA, Permata Bank dan jaringan ATM Bersama. Sedangkan untuk internet banking dapat melalui Mandiri Internet, Klik BCA dan Permata Bank Internet Banking.
Bagi Anda yang mendaftar sekarang, tersedia promo menarik bagi Anda. BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi siap memberikan fasilitas cashback sebesar Rp 250.000 - Rp 500.000 dari kontrak yang ditawarkan (syarat dan ketentuan berlaku). Promo tersebut merupakan bentuk pelayanan untuk para kreditur dalam memperingati hari jadi BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi yang ke 32 tahun bulan ini.
Dan untuk meriahkan Idul Fitri, PT. PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi Tbk, cabang Jambi memberikan promo “BBM (Bonus Buat Mudik) Ekstra, mulai dari Rp.250.000 – Rp.500.000 dengan melakukan pembiayaan melalui BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi, berlaku hingga 31 Agustus 2014”, “semarak ULTA BFI, BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi memberikan hadiah langsungseperti, sepeda motor, helm dan lain-lain kepada pelanggan” dan “Klasik, Umur bukan masalah! Hingga usia 17 tahun*, tetap kami biayai”

4.      Direct marketing
Direct marketing adalah langsung berarti bahwa komunikasi pemasaran ditargetkan langsung kepada konsumen oleh perusahaan. PT. BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi Tbk, cabang Jambi melaksanakan pemasaran langsung dengan melaksanakan pembayaran surat penawaran secara langsung kepada konsumen dengan cara kerjasama dengan alfamart, alfamidi, lawsan, dan*dan, indomaret, pos indonesia, mandiri dan bank lain-lain. PT. BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi juga menyediakan Call Center di Jakarta untuk konsumen yang memiliki masalah terhadap pinjamannya dan keluhan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pelayan dari BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi setiap cabang yang ada di seluruh daerah.

5.      Event
PT.BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi mengadakan beberapa even, seperti berikut ini :
·         Bola mania 2014, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :
-          Undian berlangsung selama periode tanggal 5 Juni 2014 - 10 Juli 2014.
-          Peserta adalah Konsumen PT BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi Indonesia Tbk yang melakukan pembiayaan pada periode tanggal 5 Juni 2014 - 10 Juli 2014.
-          Peserta wajib mengisi form registrasi dibawah.
-          Peserta WAJIB mengisi jawaban atas pertanyaan 'Siapa tim favorit Anda yang akan menjadi Juara pada Kejuaraan Dunia Sepakbola 2014?' pada kolom 'Tim Favorit'
-          Satu Nomor Kontrak berlaku untuk 1 (satu) jawaban Nama Tim Favorit yang akan menajdi Juara Dunia Sepakbola 2014.
-          Pemenang Undian adalah Peserta yang memiliki jawaban yang tepat dan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
-          Pajak hadiah ditanggung oleh Pemenang.
-          Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

·         Kompetisi Desain Cover Facebook Let's Grow Dengan Nuansa #HariPahlawan, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :
-          Kuis berlangsung selama periode tanggal 1 November 2013 - 10 November 2013
-          Seluruh peserta wajib 'Like' facebook fans page Let's Grow / follow twitter @LetsGrowBFI
-          Tema foto : Hari Pahlawan
-          Tidak mengandung unsur sara dan pornografi
-          Menyertakan logo BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi. Download logo!
-          File orisinil (bukan merupakan hasil olah digital) dan belum pernah dipublikasikan secara umum maupun untuk kepentingan komersial
-          Peserta wajib mengisi form registrasi dibawah dan meng-upload desain beserta dengan judul dan tema desain
-          Setiap karya yang dilombakan menjadi hak cipta PT BFI PT.BFI Finance Tbk, cabang Jambi Indonesia Tbk. sepenuhnya.
-          Pemenang dipilih berdasarkan vote yang akan diadakan panitia setelah lomba ditutup

6.      Publicity
Publicity adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts